Monday 10 August 2015

Belajar Mandiri dari Hal Kecil


Ayo siapa yang di rumahnya sering bermalas-malasan? Sudah jadwalnya melakukan kewajiban tapi malah menyuruh orang tua, adik, atau kakaknya yang mewakilkan. Malu dong kalau sudah dewasa tapi masih manja seperti anak TK, apalagi kalau sudah punya pacar. Kasihan orang tua juga, buatlah mereka menjadi bangga pada kita selaku anaknya, bangga dalam artian bisa mandiri tidak terlalu bergantung pada orang tua atau orang lain. Ada beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan yang mungkin bisa membuat anda belajar mandiri, yaitu :

1. Merapikan Kamar Tidur
Hal kecil ini mungkin sering kita sepelekan, kamar tidur yang bersih adalah kenyamanan kita sendiri. Saat kita hendak bangun pagi, mulailah dengan merapikan tempat tidur dan menyapu agar kebersihan dan kerapian kamar kita tetap terjaga. Jika sewaktu-waktu ada teman yang ingin menginap atau main ke rumah kita tidak perlu repot-repot lagi membersihkannya.

2. Mencuci Pakaian dan Setrika
Hal yang kedua adalah mencuci pakaian, memang rasanya agak sedikit malas kalau sudah jadwalnya mencuci. Jika kita malas kalau mencuci sekalian cukup setiap harii saja saat mandi cucilah 1 set pakaian kita agar nanti weekend tidak terasa banyak saat mencucinya. Sangat simple.

3. Makan
Hah? kenapa makan? Iya, jangan sampai anda lupa makan sampai-sampai harus diingatkan oleh orang tua atau saudara. Kalau sampai di ingatkan makan rasanya gimana gitu, kalau kita bayangkan rasanya masih seperti anak-anak yang selalu bujuk agar mau makan.

4. Bangun Pagi dan Olahraga
Ada yang bilang bahwa gravitasi tempat tidur 10 kali lebih berat di pagi hari, iya saya sendiri juga merasakannya. Tapi ini sangat penting bagi kita untuk belajar menjadi orang mandiri. Lawan rasa malas kita, karena salah satu faktor kegagalan adalah kemalasan. Ini adalah langkah anda untuk menjadi disiplin dan mandiri.

5. Berhentilah Ngambek
Ngambek saat sesuatu yang kita inginkan dari orang tua tidak terwujud? Coba deh berhenti melakukannya, kalau mau belajar mandiri ya cobalah berhenti ngambek. Namanya saja mandiri, berusaha lah untuk mewujudkan sesuatu yang kita inginkan dengan tindakan kita sendiri.

Yah jika ada yang mau menambahkan lagi bisa dituliskan di kolom komentar ya kawan :)
tunggu postingan selanjutnya

No comments:

Post a Comment