Rabu, 20 Februari 2013

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Host
Host atau terminal adalah perangkat yang digunakan user dalam menjalankan software aplikasi jaringan komputer. Biasanya digunakan Personal Komputer (PC) sebagai fungsi host. Spesifikasi yang digunakan, mengharuskan penambahan peripheral, yaitu NIC (Network Interface Card) fungsinya penghubung antara sistem kerja host dengan media transmisi/network yang menghubungkan satu host dengan host lain.

NIC (Network Interface Card)
Untuk memfungsikan PC Stand Alone agar dapat berkomunikasi dengan PC lain, diperlukan Network Interface Card (NIC). NIC berfungsi menghubungkan PC dengan media yang digunakan.

USB
Dukungan antarmuka lainnya dari komputer personal yang saat ini dimanfaatkan penempatan kartu jaringan adalah terminal USB. Saat ini, pemanfaatan terminal USB didominasi media wireless, dengan perangkatnya dikenal dengan wireless USB.

Hub dan Switch (Konsentrator)
Sebuah konsentrator (Hub atau switch) adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub atau switch.

Repeater
Fungsi utama repeater yaitu untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain. Dengan cara ini jarak antara kabel dapat diperjauh.

Bridge
Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband. Bridges juga dapat digunakan untuk mengkoneksi network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula. Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan.

Modem
Perangkat modem merupakan salah satu jenis bridge, yaitu perangkat yang bekerja menghubungkan PC dengan atau pada media yang berbeda. Perangkat ini adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk koneksi Wide Area Network (WAN).

Router
Router adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan host pada jaringan yang berlainan. Fungsi utamanya adalah IP Forwarding, yaitu proses meneruskan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang menjadi tujuan paket data.

5 komentar :

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) ya sama",,, terima kasih juga atas kunjungan anda ke blog ini....

      Hapus
  2. tambahkan artikelnya broo biar yang lain akses belajarnya mudah..
    menarik jg artikelnya....

    *thanks for infomation...

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas penjelasanya sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan buat saya...

    BalasHapus
  4. ulasan yanga sangat menarik sob, bermanfaat buat orang banyak dan tentunya setela membaca artikel ini wawasan saya jadi bertambah..salam kenal dan semoga sukses di dunia blogging..

    BalasHapus