Sunday 2 August 2015

Virus Baru Hammertoss


Sebelum membahas apa itu Virus Hamertos, mari kita kenali dulu apa itu Virus atau Malware.

Malware atau Virus merupakan sebuah sistem perusak atau pencuri yang berugas sebagai perusak file-file pribadi seseorang yang bekerja dengan sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan pemilik file tersebut.

Kita semua tentunya sudah paham apa itu Virus bahkan salah satu dari kalian pasti pernah mengalami kejadian atau file pribadi anda hilang secara misterius atau tidak bisa dibuka atau hal lain semacamnya dan besar kemungkinan itu adalah perbuatan Virus yang sangat merukgikan kita.

Salah satu Virus yang merugikan yang masih dikenal Virus baru yaitu Virus Hammertos yang baru-baru ini ditemukan oleh salah satu perusahaan keamanan yang bernama FireEye. Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan jasa keamanan di dunia maya yang tugasnya melindungi para klien atau pelanggannya dari serangan virus.

Kabarnya Virus Hammertos ini masih kebal terhadap antivirus jenis apapun, virus ini sulit dideteksi keberadaannya oleh sistem keamanan bahkan antivirus yang terbaik sekalipun. Sulit dideteksi, virus ini mengimitasi atau meniru tingkah laku pengguna komputer yang Ia datangi sambil menyantap file-file yang ada di PC korbannya. Bahkan virus ini juga dapat mengadaptasi waktu kerjanya.

Hammertoss mencuri data sensitif milik korban dengan mengunggahnya ke penyimpanan cloud yang bisa diakses peretas tanpa mengundang kecurigaan antivirus atau sistem keamanan lain yang ada di perangkat komputer.

Cara Kerja Virus Hammertos?

Setelah program jahat ini mengakar di komputer atau laptop korbannya, virus ini melakukan hal-hal umum yang biasa dikerjakan oleh seseorang.

Hal yang pertama dilakukannya adalah membuka Twitter. Dengan menggunakan algoritma, program ini mencari sebuah pesan spesifik yang berada di twitter untuk kemudian lanjut ke langkah berikutnya.

Setelah mendapatkan instruksi dari sebuah tweet yang tak begitu jelas, virus ini kemudian membuka Github untuk mengunduh sebuah gambar. Gambar tersebut terlihat normal, tetapi di dalam gambar tersebut terselip sebuah code yang ditanamkan peretas yang memberikan instruksi lanjutan.

Dan akhirnya, menggunakan instruksi yang tertanam pada gambar yang sudah diunduh, Hammertoss mulai mulai mencuri data dan informasi dari korbannya dengan cara mengunggahnya ke sebuah penyimpanan cloud yang dapat diakses oleh peretas.

Virus ini tergolong virus kelas atas yang sangat berbahaya, bisa dibayangkan jika Virus ini sampai masuk ke sistem data pemerintahan Indonesia?

No comments:

Post a Comment