Tuesday 19 February 2013

Macam-Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area geografis lokal, seperti rumah, kantor, atau kelompok bangunan yang menggunakan minimal 2 buah komputer masing-masing memiliki kartu jaringan. Perangkat yang digunakan interkoneksi pada LAN, tergolong pada tiga jenis, yaitu Hub, Switch, dan Bridge, walaupun secara kinerja Hub dan Switch dapat dikategorikan pada Bridge.

Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan yang memiliki cakupan geografis lebih luas dari LAN, jaringn ini terdiri dari beberapa LAN yang saling berhubungan, jaringan ini dapat menjangkau lokasi yang berbeda tempat. Radius yang lebih luas ditentukan media yang mengimplementasikan jaringan komputer dimana dapat digunakan lebih dari satu jenis media. Contohnya, koneksi antar komputer pada satu lingkup perusahaan, seperti koneksi kantor pusat dengan kantor cabang masih dalam lingkup satu daerah.
Batasan dari Metropolitan Area Network (MAN) terletak pada kendali teknis jaringan komputer (traffic) yang terdiri atas saru kendali teknis (autonomous systems), walaupun terdiri atas banyak network yang saling terkoneksi dalam satu batasan geografis kota.

Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antar Autonomous System (AS). Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh, misalnya jaringan pada bidang perBank-an, jual beli online, jaringan penjualan jasa, dll.
Jaringan komputer dengan implementasi yang menggabungkan LAN, MAN, dan WAN dapat disebut sebagai WAN. Biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun MAN. Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara
LAN dan WAN kedalam komunikasi global seperti internet, meski demikian
antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya
lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.


Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnection Network, yaitu sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung, baik secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut Internet Backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name (identitas unik) yang disebut dengan Internet Protocol (IP). Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya.

Jaringan Nirkabel (Wireless)
Jaringan Nirkabel tidak menggunakan kabel untuk transmisi data, melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik, yaitu berupa gelombang radio. Jaringan ini memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

4 comments:

  1. silahkan kunjungi Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer
    portofolio arga yudha adhiprama, kunjungan baliknya gan.

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus gan, kunjungi juga blog saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

    atau link.nya di https://jaringan-argayudha.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam.html

    untuk tutorial tentang arduino dan sistem informasi kunjungi juga di http://www.argayudhaadhiprama.com/ ,

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/04/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER "

      atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

      trimakasih dari arga yudha adhiprama

      Delete