Thursday 14 March 2013

Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer (computer network) merupakan kumpukan dua atau lebih komputer (PC) serta peralatan pendukungnya yang saling terhubung dan memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer. Jaringan komputer memungkinkan pemakaian bersama sumber daya seperti printer dan harddisk untuk meningkatkan efisien kerja suatu kelompok.

Di dalam jaringan komputer, terdapat 2 klasifikasi teknologi transmisi jaringan yang sangat penting, sebagai berikut:

Jaringan Broadcast
Jaringan ini memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua komputer yang ada pada jaringan. Pesan-pesan berukuran kecil yang disebut dengan paket data yang dikirimkan oleh suatu komputer dan akan diterima oleh komputer lainnya. Field alamat sebuah paket data berisi keterangan tentang kepada siapa paket data tersebut ditujukan. saat menerima sebuah paket data, komputer akan mencetak field alamat. Bila paket data tersebut ditujukan untuk dirinya, maka komputer akan memproses paket data tersebut. Bila paket data tersebut untuk komputer lainnya, maka komputer tersebut akan mengabaikannya.


Jaringan Point to Point

Jaringan ini terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari komputer-komputer. Untuk mengirimkan paket data dari suatu sumber ke suatu tujuan, sebuah paket data pada jenis jaringan ini mungkin harus melalui satu atau lebih komputer perantara, dan seringkali harus melalui banyak rute yang mungkin berbeda jaraknya.

Jaringan komputer biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Berbagi perangkat keras
Berbagi perangkat lunak
Berbagi saluran komunikasi
Berbagi data dengan mudah
Memudahkan berkomunikasi antar pemakai dalam jaringan


Jika anda ingin mengetahui lebih jauh lagi anda bisa mempelajari tentang jenis-jenis jaringan komputer disini

No comments:

Post a Comment