Tuesday 5 March 2013

Jenis-Jenis Antena Wi-Fi

Antena merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan jaringan Wi-Fi. Optimalitas jaringan Wi-Fi juga sangat dipengaruhi oleh jenis antena yang digunakan. Tingkat optimalitas yang berbeda ini dikarenakan jenis antena Wi-Fi yang berbeda bentuk dan jenis, juga mempunyai perbedaan dalam hal karakteristik penyebarab gelombang radio.

Penentuan lokasi antena indoor sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh daerah yang ingin dicakup akan terlayani dengan baik. Untuk itu diperlukan perencanaan yang sesuai dengan memperhatikan kondisi daerah yang akan dilayani.

Antena indoor disini juga menjadi antena distribusi. Antena distribusi merupakan sekumpulan antena indoor yang ditempatkan di beberapa lokasi tertentu di dalam gedung agar tidak terdapat area blankspot.

Ada tiga tipe antena indoor yang digunakan pada sistem jaringan indoor, yang masing-masing tipe digunakan sesuai dengan kondisi dan bentuk ruangan atau area yang dicover.

Jenis-jenis antena Wi-Fi antara lain:

Antena Omni Directional
Antena ini dirancang untuk memberikan servis dalam radius 360 derajat dari titik lokasi. Ini sangat sesuai untuk Access Point yang memberikan servis bagi target di sekitarnya dalam jarak dekat 1-4 km. Antena jenis ini biasanya mempunyai gain rendah sekitar 3-10 dBi.

Antena Directional

Antena Directional secara umum ada dua jenis, yaitu Yagi dan Parabola.
Antena Yagi mempunyai penguatan lebih kecil (7-15 dBi), semakin banyak anak radiator yang digunakan, maka semakin tinggi penguatan antena tersebut. Sedangkan pada antena Parabola biasanya mempunyai penguatan minimal sekitar 18-28 dBi. Memang antena parabola mempunyai penguatan yang besar, tetapi harus dikompensasi dengan lebar beam (beam width) yang sangat sempit. Artinya, jika arah antena tergeser sedikit maka sinyal akan hilang di ujung yang lain.

Antena Sectoral

Antena sektoral seperti halnya antena Omni Directional mempunyai polarisasi vertikal dan dirancang untuk digunakan pada base station (BTS) tempat Access Point berada. Berbeda dengan antena Omni Directional yang dapat memberikan servis dalam jangkauan 360 derajat, antena sektoral hanya memberikan servis pada wilayah/sektor terbatas, yaitu biasanya 45-180 derajat. keuntungan yang diperoleh dengan membatasi wilayah layanan tersebut adalah gain lebih besar daripada antena Omni Directional. Biasanya antena sektoral mempunyai gain antara 10-19 dBi.

No comments:

Post a Comment